Sunday, February 17, 2013

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Anak-anak dan orang dewasa yang memperoleh bahasa dengan sukses di luar ruang kelas nampak menunjukkan kemiripan-kemiripan tertentu dalam pengalaman belajar mereka. Pertama, mereka biasanya diekspos (dipaparkan) kepada bahasa yang mereka lebih atau kurang memahami meskipun mereka sendiri tidak dapat menghasilkan bahasa yang sama secara spontan. Kedua, mereka termotivasi untuk belajar bahasa agar mereka dapat berkomunikasi. Dan yang terakhir, mereka memiliki kesempatan untuk menggunakan bahasa yang mereka sedang pelajari, dengan begitu memberi diri mereka sendiri kesempatan untuk melenturkan otot-otot bahasa dan mengecek kemajuan dan kemampuan mereka sendiri dalam komunikasi nyata.

Siswa ruang kelas tidak biasa mendapatkan macam paparan atau dorongan yang sama sebagaimana mereka yang--pada usia apa saja--sedang memperoleh bahasa. Tetapi itu tidak berarti mereka tidak dapat belajar bahasa jika kondisi yang benar diterapkan. Seperti pembelajar bahasa di luar sekolah, mereka akan perlu dimotivasi, dipaparkan kepada bahasa, dan diberi kesempatan untuk menggunakannya.

Pembelajar bahasa mestinya sadar bahwa ketepatan dalam pilihan-pilihan suatu bahasa dapat menjadi suatu hal yang serius. Ketepatan semacam ini khususnya penting dalam komunikasi tertulis. Tulisan, tidak seperti percakapan, memungkinkan penulis untuk menghaluskan bahasa kita sebelum membaginya atau mempublikasikannya. Ketika penulis menunjukkan tulisan kepada orang lain, ada harapan kebenaran dan ketepatan jauh melebihi harapan dari percakapan sehari-hari. Kesalahan-kesalahan yang secara rutin diterima dalam percakapan sehari-hari nampak dengan kasat mata dalam tulisan--atau dalam situasi percakapan formal.

Guru bahasa Inggris adalah tidak satu-satunya orang yang berharap pilihan-pilihan bahasa peserta didik dibuat secara tepat dan benar. Kami berharap demikian juga, tentunya. Ketidaktepatan pemilihan dalam hubungannya dengan bahasa dapat mengganggu pembaca dari segala aspek, dapat mengacaukan orang tentang apa yang sedang kita katakan, dan dapat mengarahkan pembaca mempertanyakan kredibilitas dan profesionalisme kita.

Sehubungan dengan hal itu maka kami mencoba untuk membantu Anda sekalian dengan cara menyediakan beberapa tulisan pada blog kami. Di antaranya tulisan tentang bagaimana membuat tulisan yang runut bahasanya, bahasanya mengalir dari kalimat ke kalimat dengan mulus, gagasannya padat tertuang dalam kalimat yang efektif. Dan juga tentang bagaimana strategi meningkatkan penguasaan kosakata, dan sebagainya. Selamat mengunjungi blog kami.


Jendela Bahasa Inggris
Tempat menimba pengetahuan bahasa Inggris
Website: www. jendela-english.info

No comments: